Cara aman menggunakan Email untuk pemula

pakarKode || Cara aman menggunakan Email - Dengan perkembangan dunia internet yang semakin cepat pada masa sekarang ini, nampaknya membuat manusia dari berbagai kalangan sudah sangat mengenal mengenai penggunaanya, Dengan berbagai kemudahan yang di bawanya, Internet pada masa sekarang ini sudah termasuk kebutuhan pokok bagi kalangan masyarakat. Namun, Seiring meningkatnya kebutuhan berinternet dalam kehidupan bermasyarakat sekarang, Banyak pula para pelaku kejahatan Cyber yang mencoba melakukan tindakan merusak atau menggangu para pengguna internet, Contoh yang paling sering di lakukan oleh penjahat Cyber adalah melalui pengunaan Email yang sekarang ini sudah hampir semua orang mempunyainya, Oleh karena itu jika ingin aman saat menggunakan fasilitas Email maka sebaiknya anda pahami hal" berikut.
Cara aman menggunakan Email bagi pemula
Email by nlpc.org
Pasang AntiVirus pada komputer anda
Scurity sistem adalah hal yang wajib terinstall pada semua jenis komputer, Terutama jika penggunaan dari komputer anda adalah untuk upload dan download,Security sistem adalah hal yang wajib yang harus anda miliki, Install Software Antivirus yang menurut anda paling mantap kinerjanya sehingga bisa melakukan pengamanan terhadap komputer anda sesuai yang anda harapkan.

Jaga kerahasiaan password
Jika anda adalah seorang pemilik akun pasti anda mempunyai username dan password sebagai sarana untuk login ke akun yang anda di miliki, Demi terjaganya privasi atau kepentingan anda, maka anda di haruskan selalu menjaga keamanan dari password yang anda miliki tersebut, Buatlah password yang unik yang pastinya hanya anda saja yang mengetahuinya.

Kenali tindakan Phising
Jika anda adalah seorang yang baru saja membuat akun untuk syarat dari penggunaan sosial media, Maka sebaiknya anda mengenali tindakan Phising yang merupakan senjata ampuh dari penjahat Cyber yang tidak bertanggung jawab. Apa itu Phising ? Phising adalah sebuah tindakan pemalsuan halaman login atau biasa di kenal dengan FakeLogin yang cara kerjanya adalah dengan mengcopy username dan password anda setelah anda mengetikan username dan password yang anda miliki ke halaman login jebakan tersebut, Mengetahui hal ini maka anda di haruskan untuk selalu berhati hati dalam melakukan proses login ke suatu halaman, Amati dulu link yang terletak di address bar dari halaman yang sedang anda buka, Jika link dari halaman yang anda buka nampak meragukan maka sebaiknya jangan melakukan login ke halaman tersebut, tetapi jika di sisi link sebelah kiri ada icon gembok(untuk halaman" besar seperti facebook & twitter) maka di pastikan halaman tersebut aman dan silahkan anda lakukan login ke halaman tersebut.

Jangan asal klik link di Email
Untuk hal yang satu ini nampaknya akan sulit di bedakan jika anda adalah seorang yang baru saja memiliki sebuah akun email, Karena semua orang jika melihat sebuah link aktif, di situ biasanya orang akan asal melakukan klik yang tidak tahu akan efek yang di akibatkan dari klik tersebut, Dari hal ini maka di butuhkan pemahaman yang lebih tentang link" yang dapat menjerumuskan dan bisa mengundang komputer anda terinfeksi virus.

Perhatikan setiap lampiran dalam email
Anda sebaiknya selalu memperhatikan semua lampiran yang di sisipkan oleh pengirim email yang di tujukan kepada anda, Jika anda tidak meminta sebuah lampiran dalam pesan email yang anda minta maka sebaiknya anda jangan membuka lampiran yang di kirim bersamaan dengan pesan email yang anda terima tersebut, Karena hal ini adalah hal yang sering di lakukan oleh para Cracker untuk mudah menginfeksi komputer anda dengan virus yang telah mereka sisipkan di dalam lampiran email tersebut, Jenis virus yang terkandung dalam sebuah lampiran email jahat biasanya adalah LetterBooms, Cara kerja dari virus ini adalah dengan menghujani pesan" yang tidak penting yang jumlahnya sangat banyak sehingga bisa membuat komputer anda Hang atau bahkan mati secara mendadak. 

Kenali segala tindakan penipuan
Jika anda sudah mempunyai sebuah akun email maka seharusnya anda harus selalu hati-hati dengan berbagai hal yang berbau penipuan, Untuk mengenali sebuah tindakan penipuan dalam bentuk pesan email cukup mudah jika anda teliti, Biasanya si penipu tersebut akan melakukan hal yang membuat anda percaya kepadanya dengan mengirim sebuah Link website, Alamat kantor, Lisensi perusahaan dll. Untuk melihat bahwa ini adalah tindakan percobaan penipuan atau tidak maka sebaiknya anda chek dengan teliti setiap item yang di kirim kepada anda, Coba chek alamat website mereka, Jika alamat website mereka masih tergolong baru maka anda sebaiknya berhati hati dengan segala tawaran yang menggiurkan yang di layangkan kepada anda, Gunakan Software untuk mengeChek seputar reputasi Web yang telah banyak di sediakan di google.

BackUp pesan email secara berkala
Jika setiap percakapan yang anda lakukan melalui email tersebut adalah informasi penting maka sebaiknya lakukanlah BackUp dari semua isi percakapan anda untuk antisipasi jika sewaktu waktu pesan itu terhapus secara permanen yang tidak bisa di kembalikan, Hal ini hanya untuk berjaga jaga saja, tetapi jika anda merasa tidak perlu malakukanya maka ya tidak masalah juga.

Artikel lainya :
  1. Pengertian tentang Virus komputer
  2. Software yang wajib ada di komputer anda
  3. Pengertian berbagai jenis software

Jangan Lupa LogOut 
Hal yang sepele ini kadang sering sekali di abaikan oleh setiap pemilik email, Hal yang nampaknya sepele ini sebenarnya akan sangat berbahaya sekali jika jatuh ke tangan yang tidak benar, Orang yang suka menyalahi orang lain akan senang jika menemui email yang tidak di LogOut sehingga mereka bisa mengirim pesan kepada semua orang entah itu isi pesanya apa dengan atas nama anda, Hal ini akan berakibat besar mengenai nama baik anda jika hal ini di salah gunakan.

Cara aman menggunakan Email untuk pemula

Di atas adalah sederet ulasan mengenai beberapa cara aman menggunakan email agar kegiatan mengirim informasi maupun transaksi yang anda lakukan di dalam pesan email tersebut bisa sesuai dengan yang anda harapkan dan tidak malah menciptakan kerugian bagi anda, Ingat perkembangan teknologi sekarang ini semakin tahun semakin canggih dan membuat orang semakin cerdas untuk melakukan hal" negatif yang bisa merugikan orang lain, Maka dari itu sudah seharusnya kita yang mempunyai sebuah akun harus berhati hati terhadap semua ancaman keamanan dalam sebuah akun yang kita miliki. Semoga ulasan saya ini bermanfaat dan bisa menjadikan anda lebih cerdas lagi dalam menggunakan sebuah akun Email.
Jangan lupa baca juga : Browser tercepat dan irit kuota internet
Share on Google Plus

About Unknown

Diskripsi singkat tentang author blog ? waduh saya pemalu orangnya, jadi jarang bisa ungkapin semuanya di sini hehe, silahkan ngobrol lewat email saja ya, tapi jangan jualan obat kuat lo!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: