komputer software, berbagai jenis software, software computer

Pengertian tentang software komputer

SoftwareDalam dunia IT tentu saja tidak asing dengan yang namanya software, karena hal ini sudah wajib ada jika kita akan menggunakan semua hal yang berkaitan dengan IT. Lalu apakah yang di namakan software itu ? bagi yang masih gaptek tentang komputer atau hal IT lainya mungkin ini masih menjadi pertanyaan bagi mereka, di bawah ini akan di jelaskan apa itu software.

Software(perangkat lunak) adalah suatu susunan data operasi elektronik yang hanya bisa di gunakan dengan komputer atau perangkat elektronik lainya, data operasi ini mengandung beberapa progam atau instruksi-instruksi yang bisa di perintah oleh pengguna komputer, dengan software maka pengguna komputer bisa memerintah komputer sesuai kegunaan software yang mereka perintahkan. 

Karena sifatnya yang dinamis, perkembangan software saat ini semakin pesat dan cepat. salah satu faktor yang menyebabkan perkembangan software di dunia saat ini mungkin di sebabkan dengan banyaknya disiplin ilmu yang mempelajari tentang perkembangan IT dunia. Sehingga dalam proses belajar mereka banyak yang berexperimen untuk ikut mengembangkan software yang sebelumnya telah meraka pelajari.

Disiplin ilmu teknik informatika misalnya, di dalam proses belajar bidang ini bisa di jumpai hampir keseluruhanya adalah tentang pemahaman algoritma dan pembuatan program-program yang nantinya bisa menjadi cikal bakal perkembangan software baru, dengan begitu maka memungkinkan perkembangkan software di dunia IT sekarang ini menjadi semakin cepat dan canggih.

Pengertian tentang software komputer


Pengertian tentang software komputer
Beberapa contoh software komputer

Berdasarkan pendistribusianya software di bedakan menjadi beberapa kategori antara lain :

Freeware
freeware adalah software berhak cipta yang di distribusikan secara tidak berbayar dan tidak ada batasan waktu untuk penggunaanya, freeware adalah hasil pengembangan software dari pengembang software tertentu yang bertujuan untuk di sumbangkan kepada suatu komunitas atau kelompok tetapi tetap mempunyai hak cipta untuk pengembanganya. Contoh dari beberapa freeware antara lain mozila news & mail client.

software berbayar
software berbayar adalah software yang di distribusikan secara berbayar jika ingin memnggunakanya, software ini bisa di dapatkan dengan membeli atau membayar terlebih dahulu kepada penyedia software tersebut dan pengguna software berbayar ini tidak di perkenankan untuk mengubah atau mengembangakan tanpa seijin penyedianya. Contoh software berbayar ini antara lalin adalah CorelDraw, Photoshop, Windows, MS office dll.

Shareware
shareware bisa juga di kategorikan sebagai software tidak berbayar, tetapi untuk penggunaan software jenis ini bisa di gunakan gratis dalam waktu tertentu saja umumnya dalam kurun waktu 30hari, setelah itu jika si pengguna komputer ingin menggunakanya lebih lama lagi maka pengguna di haruskan untuk membelinya dan mendapatkan versi yang lebih lengkap. Untuk contoh software jenis ini biasanya adalah software anti virus, karena perusahaan yang memproduksi software jenis ini memberikan contoh penggunaan dan bertujuan untuk memperkenalkan produknya terlebih dahulu sebelum membelinya ke versi pro.

Demikian di atas adalah penjelasan mengenai software dan beberapa contoh dari berbagai software, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkanya. terimakasih

refrensi : dari pakar IT lokal.

Untuk yang ingin mengetahui lebih banyak lagi pengetahuan di bidang IT silahkan kunjungi artikel lainya di : penjelasan tentang sistem pengaman komputer
                               penjelasan tentang ilmu komputer
                               tentang hardware komputer dan fungsinya



Share on Google Plus

About Unknown

Diskripsi singkat tentang author blog ? waduh saya pemalu orangnya, jadi jarang bisa ungkapin semuanya di sini hehe, silahkan ngobrol lewat email saja ya, tapi jangan jualan obat kuat lo!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: