Tentang komponen komputer, instalasi hardware komputer, komputer dan perangkatnya, Computer hardware instalasi

Instalasi hardware dan berbagai komponen komputer.

Pakarkode - Meskipun sekarang sudah banyak yang menggunakan Laptop dari pada PC, tetapi PC juga masih banyak peminatnya karena  mungkin alasan ketahanan dalam penggunaan yang lama, PC masih solusi yang baik dari pada laptop. Seperti instansi perkantoran atau perusahaan advertising biasanya masih menggunakan PC dari pada Latpop. Di bawah ini akan di jelaskan tentang apa saja komponen yang di perlukan untuk instalasi PC. 
Instalasi dan berbagai komponen komputer.
ilustrasi instalasi komputer
Untuk dapat melakukan instalasi, langkah pertama anda harus dapat mengerti keterangan berbahasa Inggris yang tertulis dalam manual peralatan elektronik komputer maupun program-program komputernya, jika tidak bisa berbahasa inggris cobalah menggunakan kamus. Bahasa Inggris yang dipergunakan dalam hal ini cukup sederhana dan mudah di mengerti, hanya dengan mengenal sedikit tata bahasa Inggris anda dapat memahami maksud petunjuk pembuat hardware maupun program sistem operasi dan sistem aplikasinya.

Dalam perakitan PC, tangan anda tidak boleh basah atau berkeringat dan anda tidak boleh memegang bagian tengah chip IC termasuk processor dan memory. Keringat dapat menyebabkan konsleting pada rangkaian elektronik motherboard saat anda menyalakannya. Pegangan tangan pada bagian tengah chip IC dapat merusak isinya karena tangan anda mengandung listrik statik. Bila perlu maka akan lebih baik lagi apabila pada saat merakit, tangan anda mengenakan gelang yang terbuat dari logam kabel (kabel yang telah dikelupas kulitnya) dan terhubung dengan lantai atau tanah (grounding), agar listrik dari tangan anda tidak merusak chip IC tetapi di alihkan ke tanah.

Instalasi hardware dan berbagai komponen komputer.


Di bawah ini adalah komponen beberapa komponen sebuah komputer :

Untuk melakukan perakitan satu unit komputer / PC anda memerlukan beberapa peralatan elektronik sebagai berikut : 

Layar Monitor, Untuk kebutuhan layar monitor sekarang ini sudah banyak di gunakan jenis LCD karena pemakainya daya listriknya lebih sedikit di bandingkan dengan layar monitor tabung.
Mainboard/motherboad, adalah medan untuk tepasangnya perangkat lain pada komputer, untuk pemilihan motherboard sebaiknya memilih motherboard yang bisa mengendalikan prosesor INTEL ataupun AMD.
Power Supply, Sebagai penyedia arus lstrik di dalam PC dan untuk kebutuhan komponen-komponen yang lainya
Random Akses Memory(RAM) , pilih RAM yang sesuai dengan motherboard yang anda miliki. Ada beberapa jenis RAM dan anda bisa menanyakan ke toko jenis RAM yang cocok dengan motherboard yang akan anda beli. Jenis RAM yang umum digunakan saat ini antara lain SDR RAM, DDR RAM dan DDR2 RAM, dan sekarang sudah ada yang DDR3 RAM. dengan kapasitas yang bervariasi mulai dari 64 Mbyte, 256 Mbyte sampai 1 GB per buahnya. Memori berfungsi menyimpan sementara program aplikasi dan sistem operasi maupun file kerja selama komputer dioperasikan. Semakin besar ruang kapasitas RAM maka semakin cepat pula ekses komputer anda.
Precessor, adalah sebagai pusat pengendali seluruh proses, untuk saat ini ada 2 jenis yang bisa anda pilih yaitu produk dari INTEL atau AMD. Processor ini biasanya berpasangan dengan Heat Sink and Fan (HSF) yang terdiri dari logam pendingin dan kipas, berfungsi sebagai pendingin karena jika prosesor kepanasan maka kinerja prosesor kurang optimal.
VGA (Video Graphic Array) Card, merupakan komponen yang berfungsi untuk mengolah data video/grafik. Untuk saat ini ada yang bersifat terintegrasi dengan motherboard (on board) dan ada yang dipasangkan pada motherboard (add on). Jenis VGA Card antara lain tipe PCI slot, AGP slot dan PCI Express slot. Jika komputer khusus untuk game maka usahakan kapasitas VGA nya Besar.
Floppy drive, anda dapat memilih yang standard dan umum terpasang di PC yang ada saat ini yaitu jenis flopy drive 3,5 inch dengan kapasitas 1,44 Mbyte.
Harddisk, anda dapat memilih jenis hardisk sesuai dengan kebutuhan mulai dari kapasitas 1 Gbyte, 2,3 Gbyte s/d 120 Gbyte. Hardisk saat ini ada 2 jenis yang biasa dipakai untuk personal computer yaitu jenis IDE dan jenis SATA.
Keyboard, dapat dipilih keyboard yang sesuai dengan selera anda. Berdasarkan konektornya, keyboard memiliki jenis PS/2, USB dan Wireless.
Mouse, dapat dipilih sesuai kebutuhan. Berdasarkan konektornya, keyboard memiliki jenis PS/2, USB dan Wireless.
CD/DVD ROM drive, komponen untuk membaca media CD/DVD. Berguna untuk menginstall sistem operasi dan program aplikasi yang diperlukan.
Sound Card, merupakan komponen yang berfungsi untuk mengolah data audio. Untuk saat ini ada yang bersifat terintegrasi dengan motherboard (on board) dan ada yang dipasangkan pada motherboard (add on). Jenis Sound Card antara lain tipe PCI slot dan ISA slot.
Casing, adalah kerangka yang di gunakan untuk perakitan PC sehingga nampak rapi dan bagus.
Speaker Active System, komponen untuk memunculkan suara hasil proses Sound Card.
Stabilizer, komponen yang digunakan agar kondisi listrik yang terhubung ke komputer stabil dan untuk berjaga jaga agar jika listrik mati, komputer tidak mati jika bertepatan saat di gunakan.

Komponen-komponen di atas adalah yang utama di gunakan jika ingin merakit PC, Jika ingin merakit PC atau komputer tentu saja anda akan berbelanja dulu untuk semua alat yang di butuhkan, maka dari itu untuk efisiensi agar penggunaan uang tidak berlebihan dan sesuai yang di butuhkan maka sebaiknya anda telah paham dulu tentang Manajemen informatika.

Share on Google Plus

About kang febby

Diskripsi singkat tentang author blog ? waduh saya pemalu orangnya, jadi jarang bisa ungkapin semuanya di sini hehe, silahkan ngobrol lewat email saja ya, tapi jangan jualan obat kuat lo!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Kimcil Polen mengatakan...

dibahas sangat lengkap,jadi tau banyak tentang Komponen komputer dan fungsinya. #nicewrite