Cara ampuh!!! mengatasi smartphone android yang cepat panas

Cara ampuh!!! mengatasi smartphone android yang cepat panas - Smartphone android yang di gunakan terus menerus sepanjang hari tanpa istirahat, Pasti smartphone tersebut akan mengalami Overheating atau panas yang berlebih, Dengan adanya berbagai fitur canggih yang terdapat di smartphone tersebut, sudah menjadi wajar jika beberapa smartphone di gunakan sepanjang hari secara terus menerus, Selain panas berlebih pada smartphone, Efek negatif dari penggunaan smartphone secara terus menerus juga akan merambat ke berbagai hardware lainya seperti melemahnya processor, Lambatnya kinerja RAM dan masih banyak lagi efek negatif pada smartphone lainya.

Di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara ampuh mengatasi smartphone android yang sering terjadi panas berlebih, Beberapa cara bisa anda terapkan pada smartphone anda masing-masing untuk menghindari hal ini, Tetapi sebelum kita membahas mengenai cara yang harus di lakukan tersebu,t maka sebaiknya anda ketahui dulu apa penyebab yang paling umum yang sering terjadi kepada smartphone yang mengalami Overheating.

Beberapa hal yang sering menyebabkan smartphone anda mengalami panas berlebih di antaranya adalah sebagai berikut.
Cara ampuh!!! mengatasi smartphone android yang cepat panas
solusi android cepat panas

Cara ampuh!!! mengatasi smartphone android yang cepat panas

  • Kinerja smartphone sangat berlebihan
Smartphone sekarang ini sudah di lengkapi dengan berbagai fitur canggih yang sangat mendukung penggunaan smartphone dengan akses multitasking atau pemakaian beberapa aplikasi secara bersamaan, Penggunaan akses semacam ini sebenarnya memang sah sah saja di lakukan, Tetapi untuk kondisi tertentu smartphone anda juga akan membutuhkan waktu untuk break sejenak agar kinerja perangkat tersebut tetap normal.

Jika penggunaan akses multitasking pada smartphone anda melampaui batas kerja kapasitas RAM & Processor, maka smartphone tersebut akan mengalami panas yang berlebih yang di karenakan memaksakan kinerja smartphone untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan secara terus menerus.

Hal ini akan lebih terasa lagi ketika smartphone yang anda gunakan adalah smartphone yang masih menggunakan Processor pas pasan, Jika anda menyadari akan hal ini maka sebaiknya jangan paksakan smartphone anda untuk melakukan beban yang berat seperti penggunaan media player bersamaan dengan aktifitas download atau hal lain yang serupa.


  • Kerusakan pada baterai smartphone
Beterai pada smartphone yang sudah menggunkaan teknologi canggih yang menurut romornya tidak bisa menggembung seperti ponsel" sebelumnya, Hal ini bukan berrati baterai pada smartphone anda tidak bisa rusak, Ketika smartphone melakukan charging ketika padahal baterai sudah penuh, dari sini biasanya kerusakan pada baterai di mulai.

Ketika kerusakan pada baterai smartphone sudah semakin parah maka akan menimbulkan efek pada smartphone itu sendiri yaitu sering terjadi panas yang berlebih, Hal ini akan semakin parah ketika anda para pengguna smartphone masih tetap melakukan kebiasaan tetap melakukan charging ketika baterai sudah penuh.


  • Penggunaan smartphone di bawah sinar matahari langsung

Meskipun smartphone canggih sekarang ini sudah menggunakan bahan canggih untuk keperluan fisik luarnya tetapi perangkat smartphone ini tidak bisa di pungkiri bahwa perangkat smartphone merk apapun masih sensitif dari sinar matahari langsung, Hal ini terbukti ketika beberapa smartphone di gunakan di bawah sinar matahari langsung, Dan kertika smartphone tersebut terkena sinar matahari yang langsung mengenai fisik dari smartphone tersebut, Smartphone tersebut mengalami peningkatan suhu yang sangat cepat, bahkan sangat bisa di rasakan melalui genggaman tangan.


  • Sinyal sangat lemah

Ketika smartphone di gunakan untuk keperluan berselancar di internet, maka smartphone tersebut akan mencari sinyal untuk bisa menghubungkan smartphone tersebut ke internet, Jika smartphone tidak menemukan sinyal yang memadai untuk mengakses internet maka bisa di pastikan jaringan pada smartphone tersebut akan mencari sinyal yang akan menguras baterai dan tentu saja mengundang panas pada smartphone yang di gunakan.

Untuk menghindari hal ini maka sebaiknya anda gunakan smartphone untuk mengakses internet ketika suasana sudah memadai dan memungkinkan smartphone anda dengan mudah untuk menagkap sinyal internet yang paling kuat.

Setelah anda mengetahui hal tersebut maka sebaiknya jangan abaikan beberapa hal yang sudah di sebutkan di atas agar smartphone anda bisa terhindar dari panas yang berlebih, Untuk mencegah smartphone agar tidak mengalami Overheating sebenarnya anda hanya di haruskan untuk melakukan hal" yang basic saja, Selain menghindari smartphone agar tidak cepat panas, hal ini sekaligus bertujuan untuk merawat smartphone anda untuk menghindari kerusakan, Oke langsung saja kita bahas cara ampuh untuk menghindari smartphone agar tidak cepat panas, Beberapa hal yang harus di lakukan adalah sebagai berikut.


  • Perhatikan kondisi baterai

Hampir dari semua pengguna smartphone di berbagai penjuru dunia hanya memperhatikan tampilan dari smartphone yang mereka gunakan tanpa memperhatikan kondisi perangkat keras yang berperan penting dalam smartphonenya, Perangkat keras ini bisa seperti baterai dll, Hal ini sering di abaikan sehingga jika ada kerusakan kecil paa baterai pengguna akan tidak tahu penyebabnya dan jika di biarkan maka kerusakan akan semakin menjalar ke area yang lebih luas.

Sesekali anda perlu chek kondisi baterai yang ada pada smartphone anda untuk mengetahui apakah ada yang tidak beres pada baterai smartphone anda, Dan jika di temukan baterai yang nampaknya akan menimbulkan kerusakan maka sebaiknya anda lakukanlah pencegahan yaitu dengan pemakaian smartphone yang wajar dan tidak melampaui batas.

Baca juga : Aplikasi penghemat baterai smartphone android


  • Pahami Sepsifikasi dari smartphone yang anda gunakan

Ketika anda menggunakan sebuah smartphone pastinya anda sudah mengetahui spesifikasi yang ada pada smartphone tersebut bukan? Jika anda sudah mengetahui hal tersebut maka gunakanlah smartphone anda dengan penggunaan sesuai jangkauan spesifikasi yang ada pada smartphone anda, Jangan lakukan akses di luar kemampuan smartphone anda karena hal tersebut akan membuat smartphone anda bekerja di luar batas wajar yang sudah pasti akan mengundang smartphone anda cepat panas atau bahkan blank.


  • Periksa fentilasi dari smartphone anda

Fentilasi yang terdapat di smartphone biasanya teletak di dekat speaker yang berguna untuk meneruskan suara yang di hasilkan dari speaker tersebut yang di teruskan keluar, Fentilasi pada smartphone ada macam" jenis dan bentuknya, Untuk menghindari adanya penyumbatan yang  terjadi dikarenakan debu yang menggumbal di muka fentilasi smartphone, Maka lakukanlah pengechekan berkala pada fentilasi tersebut sehingga sirkulasi udara yang tejadi di smartphone anda akan stabil.


  • Matikan Jaringan internet ketika sinyal lemah
Sinyal lemah saat mengakses internet membuat smartphone memaksakan diri untuk mencari sinyal yang lebih baik sementar loading tetap berjalan, hal ini tentu saja akan menghabiskan daya baterai lebih cepat dari pada biasanya karena smartphone akan tetap melakukan pencarian sinyal hingga benar" bagus atau bahkan malah terputus, Ketika anda mengetahui akan hal ini maka sebaiknya anda matikan saja smartphone anda untuk menghindari pengurangan baterai yang terlalu cepat yang juga bisa menyebabkan smartphone mengalami panas berlebih.

Di atas adalah beberapa hal yang menyebaban smartphone mengalami panas yang berlebih beserta cara mengatasi smartphone android agar tidak cepat panas, Hal ini berguna sekali untuk melakukan perawatan serta mengetahui lebih dalam lagi masalah yang ada pada smartphone pada umumnya, Untuk melakukan perawatan pada smartphone yang kita gunakan sehari hari sebenarnya kita cukup melakukan hal yang basic saja sehingga smartphone anda akan tetap terjaga performanya.

Cara ampuh!!! mengatasi smartphone android yang cepat panas

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa cara ampuh mengatasi smartphone adroid yang cepat panas, semoga bermanfaat.
Salam.
Baca juga : Cara mencegah Gadget & laptop agar tidak Overheating
Share on Google Plus

About Unknown

Diskripsi singkat tentang author blog ? waduh saya pemalu orangnya, jadi jarang bisa ungkapin semuanya di sini hehe, silahkan ngobrol lewat email saja ya, tapi jangan jualan obat kuat lo!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: