Fungsi dan jenis jenis RAM (Random acces memory), Pengertian & fungsi RAM, RAM pada komputer,Berbagai versi RAM

Fungsi dan jenis jenis RAM (Random acces memory) - RAM adalah salah satu perangkat keras terpenting yang berada di dalam susunan mainboard pada komputer/PC, Tanpa RAM komputer tidak akan bisa menjalankan akses data dari setiap tindakan yang di perintahkan oleh user(pengguna). Fungsi inti dari RAM adalah menyimpan data sementara secara random dari setiap aplikasi yang di gunakan oleh user, Semakin banyak aplikasi/program yang di jalankan oleh pengguna komputer tentu saja akan semakin besar pula lalu lintas yang terjadi pada RAM tersebut. Jika kapasitas RAM tidak sebanding dengan banyaknya program yang di jalankan maka komputer akan mengalami lag atau lemot.

Seiring dengan perkembangan perangkat keras komputer maka setiap komponen yang terkandung dalam golongan perangkat keras akan terus di kembangkan dan selalu ada versi baru, pada dasarnya semua RAM memiliki tujuan yang sama, hanya saja jika ada versi terbaru berarti kemampuan RAM tersebut nampaknya juga akan lebih stabil di bandingkan versi sebelumnya. Untuk berbagai jenis RAM di bawah ini adalah beberapa jenis RAM dari hasil pengembangan versi sebelumnya ke versi terbaru.

Fungsi dan jenis jenis RAM (Random acces memory)

Fungsi dan jenis jenis RAM (Random acces memory)
Random Acces Memory

Fungsi dan jenis jenis RAM (Random acces memory)

*jenis jenis RAM di antaranya adalah :

1.DRAM (Dynamic Random Acces Memory)
DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang merupakan memori semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai tumpuan untuk me-refresh data yang ada di dalamnya. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi di banding EDO-RAM(Extended Data Out Random Access Memory). Namun lebih rendah dibandingkan SRAM(Static Random Access Memory).
Dalam susunanya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor/bit, sehingga memiliki kepadatan tinggi. DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.

2.EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)
RAM jenis ini memiliki kemampuan akses dan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan RAM biasanya. Slot memori untuk EDORAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.

3.SRAM (Static Random Access Memory)
SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang terbuat dari semacam semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga lebih cepat. Namun SRAM memiliki kelemahan, yakni biaya produksinya mahal sehingga hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan menangani bagian yang benar-benar penting.

4.SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)
SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah diskronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.

5.RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

6.FPM DRAM (First Page Mode DRAM)FPM DRAM (First Page Mode DRAM) adalah merupakan bentuk asli dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per sekon. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns.

7.SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module) merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin.

8.VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory)
VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) Yaitu VGRAM biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik. Penggunaan cip VGRAM akan memberikan prestasi video yang baik dan mengurangi tekanan pada CPU.

Fungsi dan jenis jenis RAM (Random acces memory)

Sesuai dengan perkembanganya maka komponen hardware selalu di kembangkan dan selalu ada versi terupdate untuk mengimbangi proses kerja manusia yang semakin hari semakin membutuhkan akses komputer yang cepat. Di atas adalah ulasan tentang fungsi dan jenis" RAM yang di produksi secara berkala dengan melihat kebutuhan akses komputer itu sendiri.

Baca juga : berbagai jenis processor komputer & Fungsi VGA card

refrensi sumber : Mypctutorel - jenis" RAM  
Share on Google Plus

About Unknown

Diskripsi singkat tentang author blog ? waduh saya pemalu orangnya, jadi jarang bisa ungkapin semuanya di sini hehe, silahkan ngobrol lewat email saja ya, tapi jangan jualan obat kuat lo!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: