Hal yang Wajib anda ketahui sebelum membeli komputer rakitan

Komponen terpenting untuk komputer rakitan - Penggunaan komputer dari setiap penggunanya pasti berbeda beda, saya, anda dan mereka tentu saja memiliki keperluan berbeda dalam menggunakan komputer, Dengan penggunaan komputer yang sekarang ini yang sudah sangat vital dalam kehidupan kita, alangkah baiknya kita mengetahui bagaimana kinerja komputer mulai dari hardware. maksud saya komponen hardware yang berperan penting dalam kinerja komputer yang kita gunakan sehari hari. 

Di tulisan singkat saya kali ini, saya akan menuliskan tentang beberapa tips membeli hardware untuk PC yang sesuai kebutuhan anda agar anda tidak salah pilih dalam membeli komponen hardware, Keberadaan hardware dengan performa terbaik akan sangat mempengaruhi kanyamanan dalam penggunaan komputer anda nantinya, maka dari itu saya rasa tulisan ini penting untuk anda ketahui, langsung saja, Beberapa hal yang harus anda ketahui kiranya sebagai berikut : 
Hal yang Wajib anda ketahui sebelum membeli komputer rakitan
komputer rakitan source jogjakomputer.com

Komponen terpenting untuk komputer rakitan

1. Pahami Processor yang anda pilih

Pertama kali adalah processor, kenapa processor ? processor pada dasarnya adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai otak dari setiap komputer yang kita gunakan, Jika barusan di sebutkan bahwa processor adalah otak dari komputer, berarti jenis hardware ini sudah bisa di asumsikan bahwa Processor memang hardware yang sangat penting keberadaanya dalam setiap komputer, Mengetahui processor adalah hardware yang berperan sebagai otak komputer, maka anda harus mengetahui beberapa hal tentang processor, Jika anda belum seberapa paham sebaiknya simak Urutan Processor intel dari awal hingga Core i7


Setelah anda mengetahui beberapa jenis processor, jika penggunaan komputer anda nantinya adalah untuk desain ringan atau untuk keperluan kantor maka processor tingkat intel Core i3 itu sudah sangat bagus untuk menemani kegiatan tersebut, Tetapi jika penggunaan komputer anda nantinya adalah untuk keperluan gaming maupun desain grafis tingkat tinggi maka sudah hampir wajib anda gunakan processor sekelas Intel Core i5 atau di atasnya, Untuk keperluan gaming memang anda di haruskan sedikit merogoh kantong agak dalam karena memang spesifikasi komputer yang di butuhkan untuk keperluan tersebut harus dengan performa mantap.  

Note : Saya lebih banyak mengenal intel dari pada AMD ataupun yang lainya, Jika anda ingin mengetahui processor tentang AMD atau yang lainya mungkin anda bisa mencarinya dulu di google untuk perbandingan dari apa yang telah saya sebutkan di atas.   

2. Perhatikan RAM

Urutan yang kedua adalah RAM, Random Access Memory adalah hardware terpenting kedua setelah processor, RAM yang penggunaanya sebagai komponen untuk menyimpan data sementara secara random ini sangat penting keberadaanya dalam setiap komputer yang di gunakan, Tanpa RAM komputer akan mati dan tidak bisa di gunakan, Maka dari itu jika anda ingin merakit komputer maka sebaiknya perhatikanlah RAM yang akan anda pilih, Untuk mengetahui jenis jenis RAM silahkan lihat Beberapa jenis dan fungsi RAM komputer/PC. 

Yang paling penting anda harus memilih RAM yang compatible dengan motherboard anda, karena jika anda menggunakan RAM yang tidak sesuai dengan motherboard anda maka komputer anda akan mati karena RAMnya tidak support dengan motherboard.

3. Perhatikan VGA jangan pandang dari harganya

Kadang orang ingin membeli VGA langsung berminat jika di tawarkan dengan harga yang relatif mahal, harga dari VGA sendiri memang rata" mahal, tetapi jika harga VGA yang di tawarkan lebih mahal dari biasaya itu bukan berarti berkualitas lebih baik, anda harus mengathui karakteristik dari komponen tersebut, ketahui kebutuhan anda, Jika untuk keperluan Gaming anda cukup membutuhkan VGA berasitektur 128 bit dengan kapasitas sebesar 1 Gb.

Tetapi jika keperluan anda adalah untuk mengerjakan desain 3D atau untuk penggunaan software berat seperti after effect atau semacamnya, maka yang anda butuhkan adalah VGA yang berasitektur minimal 256 bit dengan kapasitas 2Gb, sekali lagi perhatikan kualitas VGA yang anda pilih sesuai yang anda butuhkan, Jangan terkecoh dengan harga mahal yang di tawarkan.

Jangan lupa juga untuk memilih VGA yang support dengan motherboard yang anda gunakan, jika anda salah pilih maka VGA yang anda beli tidak akan ada gunanya.

4. Perhatikan PowerSupply 

hardware yang berfungsi sebagai komponen untuk mensupply daya ke seluruh komponen komputer ini di kenal paling cepat mengalami kerusakan, Sebenarnya bukan kerusakan sungguhan, hanya saja kebanyakan dari power supply yang di gunakan tersebut tidak sesuai dengan banyaknya daya yang di gunakan dari setiap komponen hardware, Daya yang di butuhkan oleh seluruh hardware yang terpasang masih lebih besar dari kapasitas power suply tersebut sehingga kebayakan dari power suply tersebut mengalami overload.

Sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada teman anda yang lebih mengetahui hardware tersebut agar anda bisa memilih powersupply yang sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Perhatikan harddisk

Di urutan terakhir ada harddisk atau HDD, komponen hardware yang berfungsi sebagai alat untuk penyimpanan data keseluruhan dari komputer ini ada beberapa jenis yang mengharuskan anda untuk mengeatahuinya terlebih dahulu sebelum membelinya, Ada 4 jenis HDD yang terdiri dari IDE, ATA, SATA, & SSD. di tahun terakhir penggunaan SATA lebih mendominasi dari pada ATA, hal ini mungkin di sebabkan performa dari SATA lebih baik dari pada ATA.

SATA sendiri masih di bedakan lagi menjadi tiga jenis yaitu, SATA 1, SATA 2, & SATA 3, untuk performa terbaik dari jenis tersebut masih di pegang oleh SATA 3.

 Komponen terpenting untuk komputer rakitan

Berikut beberapa tips untuk membeli hardware agar anda bisa jeli terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian, berbagai komponen tersebut harganya relatif mahal, maka dari itu anda perlu mengatur pengeluaran se efektif mungkin untuk memenuhi kebutuhan komputer anda, Ingat dari setiap komponen yang di sebutkan di atas harus support dengan motherboard yang anda gunakan di komputer anda, jangan asal membeli, Komponen yang tidak kompatibel dengan motherboard tidak akan bisa di gunakan dan pasti akan membuang buang biaya saya.

Hal yang saya sebutkan di atas adalah sebatas yang saya ketahui, jika anda punya refrensi lain, silahkan cantumkan di bilah komentar.
Jangan lupa baca juga :  jenis laptop paling cocok untuk desian grafis dengan harga rendah.
 
Share on Google Plus

About Unknown

Diskripsi singkat tentang author blog ? waduh saya pemalu orangnya, jadi jarang bisa ungkapin semuanya di sini hehe, silahkan ngobrol lewat email saja ya, tapi jangan jualan obat kuat lo!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Distributor Kangen Water mengatakan...

saya kok sulit banget ya mendapat traffic melimpah dasi sosmed, padahal kata orang ini adalah yang paling mudah

dapatkan rahasia sukses dengan menjual air di http://peluangbisniskangenwater.blogspot.com