Perangkat keras jaringan komputer dan berbagai fungsinya

Komponen Terpenting pada komputer - Komputer adalah alat modern tercanggih yang berguna sebagai alat untuk membantu kinerja manusia dalam melakukan pekerjaan, Dengan perkembangan jaman yang semakin modern seperti sekarang ini nampaknya sudah tidak mungkin seseorang bekerja tanpa alat penunjang, Dengan kondisi seperti itu maka di ciptakanlah komputer yang sangat berguna sebagai alat bantu kerja manusia tersebut.

Komputer sebenarnya sudah ada dari jaman sebelum kita semua lahir, Cikal bakal komputer itu sendiri pun juga sudah ada dari jaman nenek moyang kita terdahulu, Hanya mungkin yang membedakan komputer jaman dulu dengan jaman sekarang adalah tingkat efisiensi dan kegunaanya saja, Sehingga perangkat yang tersusun di dalam sebuah komputer terus di kembangkan sesuai kebutuhan manusia modern seperti sekarang.

Dengan semakin canggihnya sebuah perangkat komputer pada masa sekarang ini tentu saja kalian semua sudah pernah mengoprasikanya bukan, Manusia jaman sekarang sudah tidak mungkin rasanya jika cara bekerjanya masih tidak menggunakan alat bantu yang namanya komputer, pasti semua tau dan mengerti apa itu komputer, Nah Jika anda adalah seorang yang baru mengenal komputer atau bahkan sudah ahli dalam penggunaan komputer tersebut, maka sebaiknya anda harus ketahui perangkat manakah yang paling penting keberadaanya pada komputer. Jika anda tetap penasaran mengenai hal tersebut maka simaklah beberapa penjelasan di bawah ini.
Perangkat keras pada jaringan komputer
maintennance hardware by onlinesupport.co.uk

Perangkat Keras Jaringan Komputer beserta Fungsinya

  • MotherBoard
Papan inti atau Motherboard atau juga sering di sebut MainBoard adalah perangkat terpenting pertama yang berfungsi sebagai tempat untuk terpasangnya berbagai perangkat lainya, Tanpa motherboard komputer tidak akan bisa berfungsi karena perangkat penting yang akan tersusun di dalalm komputer pasti membutuhkan yang namanya soket atau colokan agar perangkat tersebut bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

Dengan teknologi komputer yang terus di kembangkan, Bentuk dari motherboard sekarang ini terkesan lebih simple dan tidak serumit seperti tahun 2000an, Bentuk dari Motherboard sekarang ini sudah bisa di katakan sebagai wujud dari perkembangan teknologi modern yang mampu menciptakan Papan inti komputer dengan bentuk sederhana dan performa melebihi dari sebelumnya.


  • PowerSupply
Selanjutnya adalah Power Supply, Power supply adalah sebuah perangkat terpenting kedua setelah motherboard, Dari semua perangkat yang belum di jelaskan selanjutnya sebenarnya juga sama" penting, Tetapi mengenai urutan dari perangkat paling mendasar maka yang kedua yang saya jelaskan adalah mengenai perangkat power supply, Power supply ini berfungsi sebagai perangkat yang menyalurkan semua daya yang akan di salurkan ke semua perangkat komputer, agar prangkat lain di dalam komputer tersebut bisa di aliri daya sehingga bisa menjalankan fungsinya.

Perangkat power supply ini mempunyai kabel pin sebanya 4 cabang yang di gunakan untuk menyalurkan daya langsung kepada motherboard dan selanjutnya sisa kabel lainya akan mengarah ke processor yang fungsinya sebagai pusat kendali atas perintah yang di terima komputer dari user.


  • RAM
Random Access memory atau yang sering di sebut dengan RAM, Jenis perangkat ini sangat berguna sekali sebagai penyimpan data sementara yang di berikan dari sebuah perintah oleh user sehingga data yang tersimpan di RAM tersebut akan segera hilang jika proses dari pengilahan data tersebut sudah selesai, RAM sangat berpengaruh pada penggunaan komputer karena jika perangkat komputer tidak ada perangkat RAM maka komputer tersebut tidak bisa menampilkan apa" meskipun komputer tersebut menyala.

Cara kerja RAM bisa di analogikan seperti Lalu lintas yang terjadi di jalanan, Ruang RAM bisa di umpamakan dengan lebar jalan, dan Data perintah dari User bisa di umpamakan sebuah kendaraan yang berlalu lintas di jalanan tersebut, Maksudnya di sini adalah Semakin besar Kapasitas RAM tersebut untuk menampung data yang tersimpan secara sementara pada komputer, maka Lalu lintas dari berbagai data tersebut akan selalu lancar, Tetapi sebaliknya jika Kapasitas RAM tersebut cederung kecil maka seperti di ibaratkan sebuah jalanan tadi bahwa akan ada berjubel kendaraan yang macet karena jalananya sempit, Nah bgitulah analogi dari Perangkat RAM yang selama ini sangat berperan penting pada setiap komputer.


  • Processor
Inti pusat kendali pada sebuah komputer terletak pada Processor, Keberadaan processor pada perangkat komputer adalah hal yang sangat penting, Karena jika sebuah perangkat komputer yang tersusun lengkap tetapi tidak terpasang processor maka komputer tersebut tidak akan bisa berjalan, Maka dari itu Processor adalah sebuah otak dari komputer yang wajib ada untuk keberadaanya di sebuah parangkat komputer.

Fungsi utama processor adalah sebagai penerima data yang di perintahkan oleh user dan akan di proses sesuai perintah yang si dapatkan processor tersebut, RAM dan berbagai perangkat lainya akan berfungsi ketika ada sebuah perintah dari processor yang membutuhkan kinerja perangkat" lain tersebut sesuai fungsinya, Processor juga bisa di analogikan sebagai otak pada komputer, Otak yang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda, Ini sama halnya dengan processor, Daya kecepatan yang bisa di capai oleh processor sangat di pengaruhi oleh kapasitas processor itu sendiri, Untuk sekarang ini processor yang tebaru yang saya ketahui adalah Intel Core I7, Ini adalah processor terbaru keluaran intel di beberapa tahun terakhir.

  • Hardisk
Hardisk dan RAM adalah perangkat dengan bentuk berbeda namun memiliki kesamaan, Kesamaan dari dua perangkat berbeda tersebut adalah perangkat tersebut sama" sebagai alat untuk menyimpan data, Cuma bedanya adalah Hardisk sebagia perangkat untuk menyimpan berbagai data secara permanen dan RAM adalah perangkat penyimpan data sementara, Maka dari itu untuk merakit sebuah komputer, kedua perangkat tersebut harus ada.

Sebuah perangkat komputer tanpa hardisk pun sebenarnya juga sudah bisa di jalankan, Namun komputer tersebut tidak bisa menjalankan sistem operasi, Terbayangkan jika sebuah komputer tanpa sistem operasi ?. Nah Begitulah kira" jika sebuah perangkat komputer tidak memiliki Hardisk.

Artikel lain : 
  1. Slot penting pada motherboard
  2. fungsi & Berbagai jenis RAM
  3. Berbagai jenis processor selain Intel dan Amd
  • VGA
Video Grapich Array atau yang sering di sebut VGA, Hal tersebut juga merupakan hal terpenting pada perangkat komputer, VGA ini berguna sebagai perangkat untuk menampilkan hasil kualitas Output yang di tampilkan komputer melalui layar monitor, Sehingga tanap VGA komputer akan kurang bagus tampilanya dan yang pasti penggunaan dari komputer tersebut kurang maksimal.

Jika membahas mengenai laptop, Maka VGA pada perangkat Notebook tersebut bsia di bedakan menjadi dua yaitu :
  1. VGA onboard, VGA ini adalah VGA bawaan dari motherboard yang tersusun di dalam laptop tersebut dan tidak bisa di upgrade atas keberadaanya, Sehingga Laptop yang hanya mempunyai VGA seperti ini akan kurang bagus untuk kondisi tampilan visual untuk kualitas tampilan 3d nya.
  2.  VGA tambahan, VGA jenis ini adalah VGA yang keberadaanya dengan sengaja di tambahkan ke dalam perangkat Motherboard, Tujuan utama dari penambahan VGA jenis ini adalah untuk meningkatkan kualitas tampilan visual dari laptop tersebut sehingga tampilanya akan sangat mendukung untuk menampilkan mode 3d, Laptop seperti ini biasanya adalah laptop yang si khususkan untuk keperluan gaming & desain grafis
 

Perangkat Keras Jaringan Komputer beserta Fungsinya

komponen Penting komputer - Di atas adalah ulasan mengenai beberapa perangkat penting pada jarinngan komputer yang sudah wajib ada jika anda akan menyusun sebuah perangkat komputer, Dari beberapa perangkat yang sudah di sebutkan di atas memang sudah ada fungsinya sendiri sehingga jika salah satu perangkat yang di jelaskan di atas tidak terpenuhi maka kinerja komputer akan tidak bisa maksimal dan bisa jadi malah tidak bisa membantu kinerja manusia, Perkembangan komputer dari tahun ke tahun memang pesat sekali mengenai kegunaan atas kecanggihanya, Maka dari itu untuk kita sebagia pengguna komputer yang hampir setiap hari berhadapan dengan perangkat tersebut, Alangkah baiknya anda mengetahui perangkat terpenting yang tersusun pada komputer anda. Demikian ulasan singkat yang bisa saya jelaskan, Semoga bermanfaat. 
Salam.
Jangan lupa baca juga : Revolusi perkembangan bentuk monitor


Share on Google Plus

About Unknown

Diskripsi singkat tentang author blog ? waduh saya pemalu orangnya, jadi jarang bisa ungkapin semuanya di sini hehe, silahkan ngobrol lewat email saja ya, tapi jangan jualan obat kuat lo!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: