Fungsi dan jenis-jenis monitor komputer

Fungsi dan jenis-jenis monitor - Monitor adalah perangkat hardware yang berguna untuk menampilkan tampilan visual yang di hasilkan dari kinerja CPU/komputer, Dalam kinerja komputer, monitor adalah perangkat yang sangat penting adanya karena monitor untuk menampilkan suatu kondisi terntentu yang di lakukan oleh pengguna yang sebelumnya di proses dalam CPU, untuk ukuran ideal monitor sendiri adalah dengan resolusi 1024 x 768 pixel.

Seiring perkembangan di bidang teknologi, bentuk dan fungsi monitor lambat laun sudah berganti dengan bentuk fisik yang lebih spesifik, pada jaman komputer masih berpocessor pentium(Intel) bentuk moitor pada komputer rata" adalah monitor tabung yang mempunyai layar cembung. Sampai sekarang mungkin juga  masih di gunakan monitor dengan layar cambung bagi yang penggunaan komputernya tidak mengerjakan perkerjaan yang berat.
baca juga : Fungsi RAM

Fungsi dan jenis-jenis monitor komputer

Dalam perkembangan monitor di dunia teknologi khusunya komputer, berikut adalah merupakan urutan dari bentuk fisik dan fungsi dari monitor pertama kali hingga monitor jaman modern yang terjadi sekarang ini.

Monitor tabung/CRT
Fungsi dan jenis-jenis monitor komputer
CRT monitor
Monitor tabung adalah bentuk monitor pertamakali yang di gunakan untuk perangkat komputer, monitor ini tedapat tabung vakum yang berisi sumber elektron yang di gunakan untuk melihat gambar yang membelokan berkas elektron ke layar neon untuk menciptakan gambar sebagai tampilan visualnya. Untuk warna gambar yang di hasilkanya pun masih tergolong cukup terbatas, Untuk penggunaan monitor jenis ini masih belum mencapai efisien karena penggunaan daya listrik yang terlalu tinggi.

Moitor LCD
Fungsi dan jenis-jenis monitor komputer
LCD monitor
Monitor jenis ini sudah tegolong monitor yang modern karena penggunaanya sudah tidak menggunakan tabung sehingga lebih tampak ifisien dan tidak memakan tempat, untuk tampilan visual yang di hasilkan oleh layar monitor LCD ini juga sudah mencapai ketajaman yang bagus, di dalam moitor ini terdapat crystal cair yang terdiri banyak pixel sehingga ketajaman warna yang lengkap bisa di hasilkan oleh layar monitor LCD ini.

LED monitor
Fungsi dan jenis-jenis monitor komputer
LED monitor
Untuk monitor yang satu ini adalah suatu bentuk penyempurnaan dari jenis monitor LCD yang sudah mempunyai ketajaman layar dan sudah berbentuk datar, bahkan untuk bentuk layar LED ini sekarang sudah bisa kita jumpai dengan bentuk yang lebih tipis dan gambar yang lebih tajam. tetapi untuk penggunaan monitor ini sendiri para pengguna komputer masih di haruskan untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit karena harga untuk monitor jenis ini masih tergolong cukup mahal. Tetapi harga ini sesuai jika melihat efek positif yang di bawanya yang bisa menawarkan berbagai kenyamanan.

Fungsi dan jenis-jenis monitor komputer

Jenis monitor di atas adalah sesuai urutan monitor yang di kembangkan oleh produsen" monitor dunia sampai sekarang, bahkan untuk sekarang ini sudah di tunjukan berbagai konsep monitor yang di antaranya adalah dengan teknologi touchscreen dengan tingkat kepekaan yang tinggi. tetapi kembali lagi tehadap para pengguna komputer masing masing karena jika kita ingin memiliki monitor yang cukup canggih maka kita juga harus menyiapkan budget yang tinggi pula.

baca juga : Fungsi VGA
Share on Google Plus

About Unknown

Diskripsi singkat tentang author blog ? waduh saya pemalu orangnya, jadi jarang bisa ungkapin semuanya di sini hehe, silahkan ngobrol lewat email saja ya, tapi jangan jualan obat kuat lo!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: